Binari
Strategi Seo Untuk Meningkatkan Pengunjung Website

Image credit: pexels.com

Memasuki era digital yang serba canggih sekarang ini, optimalisasi mesin pencari atau dikenal dengan istilah Search Engine Optimization (SEO) memiliki peran yang sangat penting bagi bisnis untuk membantu mendongkrak visibilitas website mereka.

Tak sedikit pemilik bisnis yang beranggapan bahwa SEO hanya sebatas untuk memosisikan website Anda di urutan dan halaman pertama mesin pencari Google. Namun, sebenarnya peran SEO lebih dari itu, strategi ini juga berkaitan dengan otoritas dan kredibilitas website Anda pada mesin pencari dan calon audiens.

Artikel berikut ini akan membahas mengenai strategi SEO yang bisa Anda lakukan untuk membantu meningkatkan visibilitas website Anda di mesin pencari. Dengan begitu, bisnis Anda akan turut berkembang secara online.

Keuntungan Menerapkan SEO untuk Visibilitas Website


Bagi pebisnis, membuat website untuk kebutuhan pengenalan brand mungkin tidak sulit karena ada banyak sekali jasa pembuatan website Jakarta atau kota lain yang dapat membantu menciptakan website yang sesuai kebutuhan.

Akan tetapi, tanpa adanya strategi SEO yang tepat, pelanggan bukan tidak mungkin akan kesulitan untuk menemukan website Anda. Secara umum, berikut ini keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan strategi SEO pada website:

  • Meningkatkan posisi website pada mesin pencari.
    Menerapkan strategi SEO yang benar akan menciptakan nama baik yang positif. Hal ini akan meningkatkan peluang website untuk memperoleh ranking lebih tinggi di mesin pencari.
  • Mendapatkan traffic yang lebih tinggi.
    Implementasi SEO berkaitan dengan penggunaan kata kunci tertentu yang sudah ditargetkan. Artinya, penggunaan kata kunci pada konten website akan lebih berpotensi untuk memperoleh lebih banyak pengunjung karena ketertarikan dengan informasi yang Anda berikan.
  • Pengalaman pengguna yang lebih optimal.
    Teknik SEO memerlukan kecepatan loading yang optimal, yang ada kaitannya dengan perbaikan struktur URL maupun tampilan website secara menyeluruh. Hal ini membuat website Anda lebih disukai oleh mesin pencari, tetapi juga pengunjung karena kenyamanan yang didapatkan.
  • Memaksimalkan posisi website pada pencarian lokal.
    Visibilitas website yang tinggi menawarkan keuntungan untuk bisnis lokal karena calon pengujung yang ada di lokasi terdekat dapat menemukan bisnis tersebut dengan lebih mudah.
  • Memperkuat pencitraan bisnis dalam persaingan online.
    Saat ini, membentuk kehadiran daring atau online presence menjadi hal yang wajib dilakukan pemilik bisnis. Sebab, aktivitas ini bisa membantu bisnis beradaptasi di lingkup online yang sangat kompetitif dengan lebih mudah.

Strategi SEO untuk Meningkatkan Visibilitas Website


Bagi pebisnis awam, mengimplementasikan strategi SEO untuk meningkatkan visibilitas website mungkin bukan hal yang mudah. Jika Anda baru pertama kali mencobanya, berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan:

1. Riset kata kunci

Langkah paling pertama adalah menggunakan kata kunci yang selaras dengan bisnis yang Anda jalani. Guna mendapatkan kata kunci yang sesuai dengan volume pencarian yang tinggi dengan tingkat persaingan yang rendah, Anda dapat memakai alat atau tools bantuan seperti Ubersuggest atau Google Keyword Planner.

Memaksimalkan konten sekaligus iklan berbayar dengan menggunakan kata kunci yang sesuai dapat membantu mesin pencari untuk lebih memahami konten Anda dengan lebih baik sehingga dapat mengoptimalkan peringkat website Anda di situs pencari. Saat mencari kata kunci, perhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Tentukan target audiens.
    Pastikan mengetahui calon audiens yang ingin dijangkau melalui konten yang Anda buat. Selain itu, ketahui pula apa yang menjadi masalah yang sedang dihadapi atau solusi yang sedang dicari sehingga Anda lebih mudah untuk mendapatkan kata kunci yang sesuai.
  • Tentukan jenis kata kunci.
    Perhatikan pula jenis kata kunci yang hendak Anda gunakan, apakah kata kunci generik atau kata kunci panjang (long tail keywords). Kata kunci panjang biasanya menggunakan frasa yang lebih khusus dengan tingkat kompetisi yang lebih rendah, misalnya web development Jakarta atau web developer Jakarta. Menggunakan kata kunci panjang dapat membantu menaikkan traffic website sekaligus mengoptimalkan peluang konversi.
  • Tinjau kinerja kata kunci yang digunakan.
    Guna memudahkan peninjauan kata kunci, Anda dapat memanfaatkan tools khusus untuk analisis, seperti Google Search Console untuk mengetahui posisi website dengan kata kunci yang dipilih. Apabila memang diperlukan, Anda dapat melakukan optimasi kata kunci.

2. Optimasi SEO On-Page

Optimasi on-page mengacu pada semua tindakan yang dilakukan di dalam website untuk meningkatkan peringkatnya di mesin pencari. Berikut adalah beberapa elemen kunci dari optimasi on-page:

  • Judul dan deskripsi meta.
    Pastikan Anda memasukkan kata kunci yang ditargetkan pada bagian ini dan memberikan informasi yang jelas. Selain itu, judul juga harus dibuat semenarik mungkin tetapi tidak terlalu panjang, maksimal 70 karakter saja. Sementara itu, buatkan deskripsi meta yang relevan dengan panjang tidak lebih dari 150 karakter.
  • Struktur URL.
    Aspek ini penting untuk membantu situs pencari lebih mengerti konten yang Anda buat. Anda dapat menggunakan struktur URL yang deskriptif dan singkat, jangan lupa masukkan pula kata kunci utama.
  • Isi konten.
    Pastikan Anda membuat konten yang informatif dan berkualitas yang menawarkan solusi bagi audiens. Masukkan kata kunci utama secara natural agar tidak terkesan spamming atau stuffing.
  • Penggunaan heading dan subheading.
    Selain itu, pastikan konten yang Anda buat lebih terstruktur dengan penggunaan heading dan subheading, gambar, nomor, atau bullet points sehingga lebih mudah terbaca oleh audiens. Anda bisa menggunakan pengaturan seperti H1 untuk judul, H2 dan seterusnya untuk subjudul. Selain itu, sebisa mungkin, masukkan kata kunci utama pada bagian ini.
  • Tautan internal dan eksternal.
    Tautan internal akan memudahkan pengunjung untuk mengeksplorasi website Anda dengan lebih mudah. Berikan tautan ke konten lain yang masih relevan pada website. Sementara itu, tautan eksternal akan memberikan informasi pada mesin pencari mengenai sumber kredibel yang Anda gunakan. Pilih sumber yang sudah populer dan banyak diakses sebagai tautan eksternal.
  • Optimasi gambar.
    Pastikan gambar yang Anda pilih memiliki ukuran yang sesuai untuk memaksimalkan kecepatan muatan website, berikan nama yang mengandung kata kunci dan memberikan penjelasan. Anda juga dapat menambahkan alt text untuk menjelaskan isi dari gambar, sematkan pula kata kunci pada bagian ini.
  • Kecepatan muatan website.
    Tidak hanya perangkat laptop atau desktop, pastikan pula website Anda memiliki kecepatan muatan yang optimal di perangkat mobile. Anda dapat memanfaatkan bantuan Google PageSpeed Insights untuk mengetahui tingkat kecepatan muatan website.
  • Ramah mobile (mobile friendly).
    Terakhir, pastikan situs Anda mudah diakses oleh audiens yang menggunakan perangkat mobile atau mobile friendly. Manfaatkan tools Accelerated Mobile Pages (AMP) atau gunakan desain yang responsif pada website untuk memaksimalkan akses website di smartphone.

Agar lebih memahami strategi SEO on-page dalam website, coba perhatikan studi kasus berikut ini.

Sebuah perusahaan web development di Jakarta memutuskan untuk meningkatkan visibilitas online mereka. Mereka mengimplementasikan strategi optimasi on-page berikut:

  • Memperbarui konten situs web dengan memasukkan beberapa kata kunci seperti jasa pembuatan website Jakarta dan web developer Jakarta secara alami dalam artikel, deskripsi layanan, dan blog.
  • Memastikan setiap halaman konten memiliki judul dan meta deskripsi yang telah dioptimalkan, seperti jasa pembuatan aplikasi Jakarta terpercaya.
  • Menggunakan struktur artikel yang benar, seperti heading dan subheading untuk memudahkan keterbacaan.
  • Memberikan tautan internal ke artikel lain seputar pembuatan website atau website developer yang relevan, juga menautkan ke artikel lain sebagai tautan eksternal.
  • Kecepatan halaman ditingkatkan dengan mengompresi gambar.

3. Maksimalkan UX

Saat ini, pengalaman pengguna atau User Experience (UX) menjadi aspek penting dalam visibilitas website yang harus Anda perhatikan. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, situs yang mudah dinavigasi, memiliki kecepatan muatan yang responsif akan lebih disukai oleh pengguna dan mesin pencari.

Selain itu, pengalaman pengguna juga memiliki kaitan erat dengan optimalisasi website terhadap perangkat seluler. Jadi, pastikan Anda mengoptimalkan pengalaman pengguna dengan menampilkan desain website yang responsif dan memaksimalkan konten dengan fitur SEO on-page sehingga lebih mudah diakses oleh audiens.

4. Buat konten yang berkualitas

Kunci dari penerapan strategi SEO untuk visibilitas website adalah menciptakan konten yang relevan, informatif, dan berkualitas. Berikut ini beberapa hal yang tak boleh Anda lupakan saat membuat konten:

  • Relevan dengan target audiens.
    Pastikan Anda melakukan riset sehingga dapat lebih mengerti apa yang menjadi kebutuhan pelanggan. Buatlah konten yang memberikan solusi dari masalah yang sedang dihadapi oleh audiens.
  • Bermanfaat dan informatif.
    Anda juga harus membuat konten yang bermanfaat dan informatif untuk audiens. Sajikan informasi aktual, gunakan statistik dan data jika memang dibutuhkan untuk memperkuat opini Anda.
  • Engaging dan menarik.
    Gunakan gaya penulisan dan bahasa yang sederhana sehingga lebih mudah dipahami oleh audiens. Sertakan pendukung seperti video, infografis, atau gambar untuk membuat konten lebih engaging.
  • Artikel ramah SEO.
    Masukkan kata kunci utama di artikel Anda secara alami guna menghindari stuffing keywords. Selain itu, pastikan pula konten yang Anda buat memiliki struktur yang baik.
  • Original dan unik.
    Tak hanya ramah SEO, ciptakan konten yang original dan unik. Selain menghindari duplikat dan plagiat, membuat konten yang original dan unik turut membantu menciptakan kredibilitas pada niche yang Anda pilih.
  • Buat konten dengan konsisten
    sehingga Anda tidak kehilangan audiens potensial. Jika memang perlu, Anda dapat membuat konten editorial dan menjadikannya acuan saat membuat konten.
  • Lakukan update konten secara berkala
    dengan tren atau informasi baru. Dengan begitu, konten Anda tetap menarik untuk audiens.

5. Optimasi SEO Off-Page

Selain optimasi on-page, ada pula optimasi off-page yang merupakan tindakan yang dilakukan di luar situs web untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari. Berikut adalah beberapa strategi optimasi off-page:

  • Link building.
    Membangun backlink dari situs web berkualitas tinggi ke situs Anda. Backlink bertindak sebagai "suara" untuk situs Anda, meningkatkan otoritas dan kepercayaan di mata mesin pencari.
  • Guest posting.
    Buat artikel dengan tema layanan atau produk yang ditujukan untuk website lain yang masih selaras dengan niche Anda. Lalu, tambahkan tautan yang menuju ke website Anda pada artikel tersebut.
  • Sosial media marketing.
    Mempromosikan konten melalui sosial media membantu mendongkrak visibilitas website sekaligus memperoleh tautan dari website lain.
  • Komunitas dan forum daring.
    Ikut terlibat dalam komunitas dan forum online yang selaras dengan niche Anda. Lalu, tambahkan tautan yang mengarah ke website pada profil atau komentar yang Anda berikan.
  • Tautan yang rusak (broken link).
    Cari tautan yang rusak pada website lain, beri penawaran untuk mengganti tautan tersebut dengan tautan yang menuju ke situs Anda.
  • Marketing influencer.
    Menjalin kerja sama dengan influencer yang masih selaras dengan niche Anda untuk bisa memperoleh tautan dari website maupun promosi di akun sosial media mereka.
  • Press release.
    Kirimkan siaran press mengenai pengumuman atau berita aktual dan terbaru dari website Anda sehingga bisa memperoleh link dari media massa.

Sama halnya dengan SEO on-page, berikut ini contoh kasus penerapan SEO off-page yang dapat Anda perhatikan:

Pada perusahaan yang sama (perusahaan web development di Jakarta), memutuskan untuk meningkatkan visibilitas online mereka. Selain mengimplementasikan strategi optimasi on-page, mereka juga menerapkan strategi SEO off-page berikut ini:

  • Membangun jaringan backlink dengan menerbitkan artikel tamu pada blog teknologi terkenal dan situs berita lokal yang relevan.
  • Meluncurkan kampanye media sosial yang agresif di platform seperti LinkedIn, X, Instagram, TikTok, YouTube, dan Facebook untuk mempromosikan konten dan layanan mereka.
  • Berpartisipasi aktif dalam forum web development dan komunitas startup di Jakarta untuk meningkatkan kehadiran online dan membangun hubungan.
  • Menjalin kerja sama dengan developer andal dan profesional untuk mendapatkan tautan pada website dan promosi di akun sosial media mereka.
  • Secara berkala mengirimkan berita atau pengumuman terbaru melalui siaran press kepada audiens potensial.

Dengan menerapkan strategi SEO on-page dan off-page yang optimal, perusahaan melihat peningkatan signifikan dalam lalu lintas organik ke situs mereka dalam beberapa bulan saja. Selain itu, perusahaan juga melihat peningkatan peringkat untuk kata kunci yang ditargetkan, dan lebih banyak permintaan layanan pembuatan website dari pelanggan baru.

6. Lakukan analisis

Selain mengimplementasikan strategi di atas, penerapan SEO yang optimal juga tidak lepas dari analisis dan pemantauan secara konsisten dan berkala. Aktivitas ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana Anda berhasil menerapkan strategi SEO pada situs dan tingkat visbilitas website yang Anda dapatkan.

Terkait dengan analisis dan pemantauan, Anda bisa memanfaatkan tools analisis yang cukup populer, misalnya Google Analytics. Dengan menggunakan alat analisis ini, Anda bisa memperoleh berbagai informasi yang lebih akurat, lengkap, dan detail dari berbagai aspek pengukuran yang tersedia.

Alhasil, Anda bisa melakukan identifikasi lebih dalam lagi terhadap bagian mana dari situs Anda yang perlu dilakukan peningkatan, perbaikan, atau dikelola dengan baik.

Penerapan strategi SEO yang tepat merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat website di mesin pencari. Dengan menerapkan teknik-teknik ini secara konsisten dan menyeluruh, bisnis yang Anda kelola dapat mencapai hasil yang optimal dalam meningkatkan kehadiran online dan menarik lebih banyak pelanggan.

Apabila Anda sedang mengembangkan bisnis dan ingin memperluas pasar melalui online, tentu Anda memerlukan dukungan website dan aplikasi yang tepercaya. Tidak harus membuatnya sendiri, Anda dapat memanfaatkan bantuan jasa pembuatan website Jakarta atau jasa pembuatan aplikasi Jakarta maupun wilayah lain yang sesuai dengan domisili.

Pastikan untuk memilih layanan penyedia web developer Jakarta yang memiliki pemahaman yang mumpuni akan pentingnya melakukan optimasi SEO terhadap website untuk kesuksesan bisnis Anda. Akses di sini untuk informasi lebih lengkap seputar jasa pembuatan website Jakarta atau web development Jakarta.